HIKMAH


INVESTASI ROHANI

Menurut para ilmuan psikologi klasik dan temuan para peneliti modrn ternyata kehidupan manusia dipengaruhi oleh faktor masa lalu. Masa lalu merupakan masa yang sudah terlewati beberapa saat sebelum ini. Semua peristiwa, pengalaman dan gaya hidup akan menjadi investasi pada penentuan  karakter atau kepribadian . Menurut para analis 82% pengalaman, perlakuan, gaya hidup disimpan pada memori alam bawah sadar. sedangakan 18% merupakan kondisi yang disadari. Kehidupan spontanitas diwarnai oleh masa lalu yang tersimpan rapi dalam memori bawah sadar. Beruntunglah orang yang senantiasa mengisi masa lalunya dengan hal positif, apresiatif dan inovatif.

BELAJAR DARI KESALAHAN

Ungkapan klasik seperti “Manusia mahluk yang bersifat kilaf dan tersalah” sering dijadikan kambing hitam untuk membenarkan tindakan atau mencari alasan tentang keterlanjuran dari berbuat salah. Ada pula sebagian orang menjadi bahagian dirinya senang mengungkit-ungkit kesalahan dan bangga bahwa dirinya mampu membuat kesalahan.

Sesungguhnya ada trik hidup untuk mau belajar dari kesalahan. Karena tidak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah atau tersalah serta tidak sedikit orang yang dicari-cari kesalahannya atau disalahkan. Belajar dari kesalahan berarti mengabil pelajaran dan hikmah dari apa yang dilakukan, efek apa yang dirasakan serta bagaimana akhir dari orang-orang yang pada dirinya terlalu bangga dengan kesalahan. Orang yang mampu belajar dari kesalahan dilihat dari tingkat keberhati-hatiannya dalam menjalni kehidupan. (Nazirman, 27062012).

Tinggalkan komentar