Barometer Rohani


Nurani merupakan hati sanubari yang memiliki keebihan tersendiri dari yang lain. Kelebihan Hati Nurani adalah ia selalu menyuarakan suara kebenaran,ia selau menjadi pemandu terakhir daam kehidupan saat-saat kemampuan daya dan uapaya otak berda pada titik kulminasi kepasrahan.

Namun amat disayangkan tidak semua orang menyadari bahwa ia sering terabaikan dan nyaris tidak diperhatikan. Pada hal kalau ia dmaksimalkan bahkan didengarkan suaranya maka suara itu ebih dahsyat dari suara petir.

Kita bisa mengukur tentang keberadaan dan perannya dalam kehidupan kita. Sesekali kita pernah berbohong tentang sesuatu. Orang lain yang mendengarkan pembicaraan kita sangat yakin bahwa kita adalah orang yang taat dan berada pada jalan kejujuran. Namun di malam hari ketika malam tiba, mata ini juga belum bisa dipejamkan, lintasan-intasan kejadian disiang hari tadi begitu jelas dalam ingatan kita. Lalu perasaan geisah dan merasa bersalah mewarnai malam di atas pembaringan kita. Hatipun menghujat mengapa kita tidak mengatakan yang sebenarnya.

Dengan demikian semakin yakinlah kita bahwa hati nurani akan selalu mengatakan sesuatu dengan penuh kejujuran. Oleh karenanya amat bijak kalau kita tidak mengabaikan suara-suara hati kita yang menyuarakan sebauah kebenaran dalam kehidupan kita. Menantangnya berarti meawan kata hati, melawan kata hati berarti menantang kata TUHAN. Karena kebenaran yang haqiqi itu datangnya dari Tuhan Juga. Walahu`alam (Nazirman)

Tinggalkan komentar