SOFT SKILL


Istilah Soft Skill merupakan suatu keterampilan rohani dalam menyikapi berbagai kehidupan terutama dalam berkomunikasi untuk menempatkan diri pada orang lain. Ramdhani (2008) Soft skill sering juga disebut keterampilan lunak yaitu keterampilan yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain.  Jika diklasifikasikan soft skill secara umum maka dapat dikemukakan bahwa bentuk dan prosedur  soft skill meliputi Process Skills, social Skill dan  Generic Skills.

Soft Skill dapat diidentifikasi dari berbagai keterampilan yang masuk pada kategori seperti adanya integritas, inisiatif, motivasi, etika, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, dan lainnya yang kesemua itu berkembang dan dibutuhkan dalam kehidupan pribadi, keluarga, berorganisasi bahkan pada skop yang lebih besar untuk hidup berbangsa dan bernegara.

Media ini berupaya untuk berkonstribusi dalam menggampai harapan tersebut walaupun pada kenyataannya menwujudkan yang ideal tersebut membutuhkan waktu, kemuan dan kerja keras yang dibingkai dengan kesadaran dan kemuan(05072012).

Tinggalkan komentar